SAKSI 2019

Tahun ini saya menjalankan SAKSI atau Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa di kelas 7 ini bersama Angkatan 27. Kami menjalani Prasaksi terlebih dahulu lalu menjalani SAKSI pada tanggal 1, 2, dan 3 Februari di Sangga Buana, yaitu tempat berlatih para tentara baru. Kami berlatih di Sangga Buana selama 3 hari 2 malam. 
Jum'at, 1 Februari 2019
Hari pertama SAKSI! Sebelum berangkat kami melaksanakan apel terlebih dahulu bersama dengan OSIS, MPK, ROHIS, orangtua, dan guru. Kami berdoa dan segera menuju ke bus. Perjalanan ke Sangga Buana menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Setelah 2 jam, kami sampai di Sangga Buana dan segera berlari untuk baris. Saat itu, saya baris di paling belakang karena menjadi wakil kelompok. Setelah diberi arahan dari tentara, kami semua pergi menaiki 200an anak tangga untuk menuju barak dan tempat acara berlangsung. Setelah itu, kami yang muslim melaksanakan shalat dan setelah itu kami semua menuju ke tenda untuk mendapat materi. Ada 3 materi, yaitu kepemimpinan, hewan reptil, dan bahaya narkoba. Setelah itu kami menjalankan materi pertama, kami shalat zuhur & ashar dan melaksanakan makan siang pertama. Setelah itu, kami melanjutkan materi. Selesai mendapat materi, kami melaksanakan makan malam di lapangan. Lanjut, kami shalat maghrib dan isya dan menjalankan kegiatan selanjutnya, yaitu games! Kami bermain games bersama sampai jam 1o malam, setelah itu kami semua beristirahat
Sabtu, 2 Februari 2019
Hari kedua SAKSI! Kami dibangunkan jam 4 untuk shalat tahajud dan shalat subuh. Setelah itu, kami ganti baju loreng dan celana olahraga dan segera menuju ke lapangan. Kami sarapan terlebih dahulu, makan komando lebih tepatnya, dan lanjut ke kegiatan berikutnya, yaitu senam. Setelah itu kami menjalankan outbond yey! Kami dibagi menjadi beberapa kelompok besar dan segera menuju ke pos masing-masing. 
Pos pertama kelompok saya adalah Jembatan Tali Dua, kami melintasi jembatan itu satu per satu, jadi kami agak lama di pos itu. Lanjut, kami ke pos Jembatan Bergoyang, jembatannya bukan jembatan yang tinggi gitu, pendek deh intinya, tapi gabisa diem jembatannya, jadi ada yang kakinya nyemplung gitu. Setelah itu, kami ke pos Tali Tarzan, kita harus menyebrangi genangan air dengan tali tanpa masuk ke genangan itu. 
Banyak yang gagal, termasuk saya :) Setelah itu, kami ke pos yang kegiatannya melempar pisau ke kayu (?) di tempat yang banyak cacingnya, ew. Setelah itu, kami ke tempat kegiatan Rope Climbing, tapi tidak semua anak bisa main disitu, karena sebelum kami selesai, kami dipanggil ke lapangan utama untuk melaksanakan outbond selanjutnya. 
Outbond agak sulit dijelaskan, jadi di garis start, ada tongkat wakil yang harus diambil oleh wakilnya sendiri, di garis finish, ada tongkat dan vandel ketua yang harus diambil oleh ketua, tetapi dengan cara merangkak! kelompok saya berhasil mengambil tongkat dan vandel ketua, tapi saat itu tidak ada yang tau kalau tongkat wakil diambil juga. Alhasil, kami, para wakil, di 'marahi' abis-abisan oleh OSIS MPK, apalagi ada tongkat yang merah putihnya sudah jatuh. Lanjut, kita pergi ke sungai untuk outbond terakhir. Setelah itu, kami makan siang, bersih-bersih, shalat zuhur dan ashar, dan kami diberi waktu untuk mempersiapkan pensi. Malamnya, kita pentas seni dan lanjut istirahat.
Minggu, 3 Februari 2019
Hari terakhir! kami sarapan terlebih dahulu dan lanjut melaksanakan apel. Setelah itu diumukan penghargaan dan lanjut foto kelas. Setelah itu kami semua pulang! bagi saya, SAKSI adalah kegiatan yang tidak bisa dilupakan.
terimakasih. 

Comments

Popular posts from this blog

Pentas Seni Elitaraxia di SMP Labschool Jakarta

Tanggapan Saya tentang "Rahasia Menulis Kreatif"

Lab Komputer SMP Labschool Jakarta